Mengunjungi Puncak 2211 Mdpl Salak 1

Posted by Unknown on 12:07 PM in , ,

Hai, kali ini saya ingin share perjalanan saya dan teman teman saya menuju puncak Salak 1, betapa curamnya jalan dan betapa hal sulit yang kami jalani. lets start..

Planing sudah seminggu yang lalu sebelum hari H berangkat direncanakan, rencananya sih hari kamis malam jumat kita akan jalan dari basecamp, tapi karena banyaknya anggota yang tidak bisa ikut dikarenakan tidak bisa cuti kerja pada hari kejepit nasional tersebut jadi di mundurkan sampai malam sabtu kita baru berangkat dari basecamp, semua sudah siap bawaan sudah lengkap dari tenda sampai logistik sudah siap semua, carrier dimasukkan kemobil, kebetulan waktu itu kita menyewa mobil bak untuk mengangkut tas dan diri kita sampai pos awal pendakian, total ada 9 orang yang ikut pada waktu itu, tapi 2 lainnya menunggu di jalan menuju lokasi jadi hanya 7 orang yang mulai dari basecamp, kita start dari basecamp pukul 8 malam. sampai pada penjemputan anggota yang terakhir, terlihat disitu ada 3 pendaki lain yang sedang mencari mobil untuk sampai cidahu pos pertama pendakian, karena mungkin sulit menemukan mobil akhirnya mereka memint
a bareng sama kami untuk sampai pos awal pendakian. Setelah sampai lalu mendaftar, lalu sampai pada jembatan atau awal gerbang pendakian yang jelas tertulis selamat datang di jalur pendakian puncak salak 1. tapi kita memutuskan untuk bermalam terlebih dahulu diwarung dekat jembatan, dan memasak nasi cukup untuk makan malam ini. kita putuskan untuk meroling tidur kita agar menjaga barang bawaan kita juga, kebetulan saya kebagian waktu kedua, waktu itu saya tidur hanya sekitar 1- 2 jam, tapi hebatnya hawa gunung berapa lamapun tidur kita saat bangun tetap merasa sangat segar. setelah itu kita packing tas masing masing dan merapikan peralatan masak semalam dan pag ini. setelah siap semua kita berangkat dan sempatkan foto di tulisan Selamat Datang, kita berdoa dan jalan secara beriringan, sekitar 100 m sih masih beriringan, namun setelah beberapa ratus meter terbagi kira kira 2-3 kelompok yang jaraknya cukup jauh. setelah kisaran 1, jam kita sampai pos yang dinamakan pos Bajuri, itulah pos dimana terakhir ada air minum, karena sampai puncak tidak akan ada lagi air untuk kita minum selain berharap pada air hujan. disini adalah pos pembagian jalur, ada jalur yang menuju ke kawah ratu dan jalur menuju Puncak salak 1. Kita beristirahat sebentar sekedar menyeduh kopi dan minuman hangat untuk mengahatkan badan yang mulai terkena hawa dingin gunung salak.

Kata orang inilah start awal jalur Gn. Salak sebenarnya, benar saja baru jalan beberapa langkah kita langsung dihadapkan oleh jalan setapak yang penuh denga lumpur yang cukup tebal dan dalam bila kita terjerembab kedalamnya, terus jalan dan jalan semakin curam, banyak tanjakan tanjakan yang harus mengandalkan tangan sebagai cengkraman, harus pintar pintar mencari pegangan, entah akar batu atau ranting pohon, beberapa kali melewati yang kata orang disebut tanjakan iblis, bila gunung gede punya tanjakan setan maka gunung salak punya tanjakan iblis, jadi berasa rock climbing melewati jalur disini, kelompok satu ke kelompok kedua jarakya lumayan jauh, bila diukur waktu bisa sampai 2 jam kebetulan saya berada di kelompok depan, beberapa kali kita istirahat bermaksud agar bertemu dengan kelompok dibelakang kita bukannya ketemu kita malah kejebak dalam hawa dingin dan hawa malas, segera kita terus berjalan dan berharap cepat sampai di puncak bayangan Gn. Salak. Diperjalanan bertemu beberapa tumbuhan kas pegunungan seperti Bunga Edelweis ( bunga abadi ) kantong semar dll.
bunga abadi
kantong semar
Semakin kita menanjak semakin ditutupi kabut semakin juga udara menjadi sangat dingin, apalagi menanjak hanya menggunakan celana pendek dan kaos oblong seperti saya, akhirnya saya putuskan untuk istirahat sebentar dan membuka logistik seperti roti untuk dimakan, kendala dari gn salak adalah minimnya air atau bahkan tidak ada sama sekali air di perjalanan menuju puncak setelah pos bajuri tadi. betapa kita mengirit air agar bisa dipakai masak di puncak bayangan nanti, dan berharap hujan deras mengguyur nanti malam. Saat itu kita didepan ada 4 orang dan langsung menuju puncak bayangan Gn. Salak, setelah sampai kita langsung mendirikan tenda dan membentangkan flysheet karena tempat yang tidak begitu luas hanya cukup mendirikan tenda untuk 2 orang dan membentangkan 2 flysheet dan itu disambung, yang penting cukup untuk tidur 6 orang, 1 orang di tenda dan 2 orang lainnya memasang hammock diantara pohon pohon sekitar kita. pas sekali setelah terpasang semuanya, turun hujan cukup deras, jadi kita bisa masak cukup banyak dan membawa perbekalan air untuk menuju puncak esok pagi dan turunnya nanti.

Pagi harinya kita masak untuk makan pagi, lalu merapikan semuanya dan paking untuk menanjak lagi sampai puncak Salak 1, ternyata jalan dari puncak bayangan ke puncak salak 1 lebih curam dari jalur sebelumnya. Jalur lebih curam dan licin, apalagi semalam habis hujan deras mengguyur setempat. banyak webing webing bantuan sebagai pegangan kita saat mendaki melewati tebing tebing curam, ini layaknya seperti rockclimbing sebenarnya. Di jalur sini banyak ditemui tanjakan tanjakan iblis yang sangat curam. dan kurangnya pegangan pada tanjakan tanjakan, ada beberapa yang mudah di lewati dan ada beberapa yang sama sekali tidak ada pegangan seperti akar pohon, batu, ranting, batang pohon atau bahkan webing sekalipun.

Akhirnya setelah kisaran 1 jam lebih kita sampai puncak 1 Gn. Salak 2211 Mdpl, setelah sampai kita letakan semua bawaan dan sekedar mengabadikan dalam beberapa jepretan kamera yang kita bawa, berikut beberapa jepretan di puncak 1 Gn. Salak 2211 Mdpl.

ada video juga saat pagi di Puncak bayangan.. berikut