0

Perlengkapan untuk mendaki gunung

Posted by Unknown on 9:47 AM in , ,



Dalam mendaki gunung kita harus menyiapkan perlengkapan jauh jauh hari sebelum hari H nya, sekarang saya coba untuk merinci perlengkapan apa saja yang harus dibawa saat mendaki dan bercamp di gunung yang kita tuju.

          Tas Carrier

Yang satu ini penting, untuk ukuran coba disesuaikan dengan bawaan yang kita bawa, karena jika muatan dalam tas tak sesuai besar tas kemungkinan tidak nyaman untuk dibawa dipunggung kita, semakin banyak bawaan barang kita maka akan semakin besar tas carrier yang harus kita gunakan, untuk ukuran standart kisaran 55L sampai 75L.

          Matras

Matras cukup penting bila kita melakukan camp ditempat yang berbatu dan tidak nyaman alas untuk kita sekedar duduk atau tidur, biasanya untuk ukuran matras kisaran 70cm-100cm x 200cm – 250cm , biasanya sesuai dengan tinggi dan lebar badan kita.

          Tenda

Tenda sangat penting jika kita memang berniat melakukan camp saat kita mendaki ke suatu gunung, bawa sesuai kebutuhan dan banyaknya orang yang ikut dalam rombongan kita.

          Sleeping Bag

Sangat penting untuk sedikit menghindari dari hawa dingin diatas gunung saat kita tidur di malam hari, bila tidak ada sleeping bag bisa kita bawa selimut tebal sebagai alternative.

           Rain coat / Jas hujan / ponco

Sangat vital apabila kita mendaki saat cuaca tidak mendukung misalnya hujan atau saat angin berhembus cukup kencang, selain melindungin kita dari basahnya hujan juga bisa berfungsi mengurangi rasa dingin saat kita mendaki. Kelebihan kita menggunakan ponco adalah bisa sekalian melindungi tas kita dibanding hanya menggunakan rain coat biasa.

          Peralatan makan dan masak

Peralatan makan meliputi seperti piring sendok garpu, usahan menggunakan yang berbahan stenlis agar mampu dibakar sekalian supaya menghemat tempat agar tidak membawa piring, bawa kompor untuk mendaki yang sekarang sudah banyak di jual di toko toko outdoor.

          Trash bag
Beli trash bag 2, yang besar satu dan yang kecil satu yang besar berfungsi sebagai cover dalam tas sebagai pelindung tas akhir didalam, dan yang kecil untuk tempat sampan dari makan yang kita bawa.

          Headlamp

Sangat berfungsi saat kita mendaki malam hari, selain untuk penerang jalan berfungsi juga sebagai penerang saat kita dalam situasi urgent.

          Jaket tebal dan sepatu gunung

Disarankan membawa jaket yang tebal dan tipis, yang tipis berfungsi digunakan untuk kita mendaki siang saat cuaca terik, dan yang tebal sebagai pelindung tubuh dimalam hari, disarankan menggunakan sepatu gunung yang tebal yang mampu mencengkram semua medan, becek, basah, licin dll.

          Makanan dan minuuman seperlunya

Silahkan membawa makanan secukupnya, yang ringan dan mudah dimakan, seperti roti tawar beserta selainya atau bawa saja susu coklat, kopi, mie instan, beras, coklat sebagai teman saat mendaki dan juga penambah semangat, dan makanan makanan ringan lainnya.


Itu lah beberapa barang yang wajib dibawa saat kita mendaki dan camp digunung, tetap waspada saat kita mendaki, karena alam tak mampu kita lawan.





|

0 Comments

Post a Comment

saya butuh komentar anda . no Rasis no Sara ^^ TERIMA KASIH

Copyright © 2009 MIMPI & RAHASIA All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.