2

Program MDI dan Login

Posted by Unknown on 1:37 AM in
Java Java memang sangat memusingkan...
tapii tenang semakin dicoba maka semakin penasaran..
pasti pas lagi pusing dan tiba tiba coding ketemu..
jingkrak jingkrak gak jelas dan ngomong "ternyata gua juga bisa"

ohh iya, gua punya neh tentang cara bikin sebuah MDI Form dan form login yang baik hehe..
neh gua kasih layout atau printscreennya..
tuh biasa pertama kita buat project baru trus di project kita pilih new.. bila gak ada MDI Form coba pilih other lalu pilih java swing, dan pilih yang MDI form setelah itu beri nama project contohnya programMDI dan ok. hasilnya akan seperti gambar diatas..
nah coba di menu file kita buat seperti diatas ubah atau tambahkan nama Form 1 dan Form 2, kalo menu exit biasanya sudah tersedia atau sudah ada dari netbeansnya..

setelah itu kita buat form baru lagi.. kasih nama aja formLOGIN atau bebas lah sesuai programernya :) .. bikin seperti login biasa ya ada username, ada password.. username pake textfield biasa aja, kalau yang password pake yang textfield khusu password cari aja lah dibagian kanan netbeans kita..

eh jangan pusing dulu liat gambar diatas.. itu gampang kok kita cuma masukin perintah atau code code untuk login seperti username yang digunakan untuk login apa dan passwordnya..kita memasukannya dengan cara di desain klik kanan pada button login dan pilih event mouse click atau action performed seterah kalian diatas contohnya memakai username "admin" dan password "1234"..
dan di else nya itu berfungsi bila kita salah memasukan username ataupun password.. pake aja JOptionPane.showMessageDialog .. apa kek kata katanya seterah kamu :D .. dan dibawahnya perintah untuk menghapus yang sudah kita ketik biasanya kan seperti itu bila salah username atau password maka otomatis yang sudah kita ketik akan terhapus..

dan diatas adalah perintah dari button cancel sama sih dari perintah else yang tadi hanya memasukan perintah menghapus username dan password saja..


kita buat form baru lagi dengan JinternalForm kalau tidak ada di other seperti yang tadi.. berinama form_1 atau seterah kalian lalu masuk kembali ke form MDI tadi dan perintah diatas kita masukkan di menu file_form 1 tadi dengan cara menggunakan event mouse klick atau action performed seterah kalian.. perintah diatas berfungsi untuk memanggil form_1 untuk muncul di programMDI ..
tuh kalau diatas adalah code untuk logout atau keluar bahasa alusnya.. seterah mau kalian masukan dimana sesuai selera, tentu harus membuat button atau menu dahulu ya..

lalu kita run sobat. maka akan muncul dialog login sperti diatas masukan username dan passowordnya .. dan klik Login..
nah dia akan tersambung ke programMDI tadi sperti gambar diatas.. lalu coba plih file dan form 1..
nah akan muncul internal formnya seperti gambar diatas :)
kalau diatas ini adalah contoh dialog bila kita salah memasukan username atau passwordnya :)

gampang kan belajar java :) haha jujur juga saya pertama kurang minat sekali tapi lama kelamaan membuat saya penasaran dan terus mengulik code demi code hehe :) selamat belajar ya ...





neh ane kasihh source code nya kalo masih pada bingung ===>  DOWNLOAD SOURCE MDI









|

2 Comments


keren kang membantu :)


haha sipp deh kalau udah membantu :)

Post a Comment

saya butuh komentar anda . no Rasis no Sara ^^ TERIMA KASIH

Copyright © 2009 MIMPI & RAHASIA All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.